Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

Puter Pelung

Beternak Puter di Kandang Besar / Dasar Lantai Permanen Berupa Semen atau Tanah

 Alternatif pemilihan dan pembuatan kandang untuk burung puter saat ini bisa saja anda menggunakan/ membangun kandang di luar ruangan. Dengan alas lantai langsung pada tanah atau pada lantai yang sudah disemen. Tentunya ini bukanlah kandang portable yang bisa diangkat sewaktu-waktu atau kita sebut sebagai kandang permanen. Baik itu untuk pembesaran / sebagai kandang umbaran. Atau sekaligus kandang perjodohan dan beternak.

Ilustrasi gambar dari Internet
Kandang permanen yang kita buat, tentunya menyesuaikan dengan luas halaman yang ada, anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan Anda. Semisal kita ingin membuat kandang dengan p 100 cm x l 100 cm x t 150 cm. Tentunya kandang yang besar akan memungkinan burung peliharaan kita untuk terbang kesana-kemari. Secara leluasa, untuk melatih kekuatan sayap untuk terbang dan vitalitas burung.

Kita bisa memberikan tenggeran lebih dari satu, dengan berbagai bahan dan macam bentuk. Tentunya tetap berpedoman pemilihan bahan dan bentuk tidak berbahaya untuk burung. Rapikan
setiap tenggeran, agar burung tidak luka. Tangkringan bisa terbuat dari berbagai macam kayu, bahkan ranting kayu yang tidak harus monoton berbentuk lurus memanjang. Tentunya terserah pemilihan dari peternak itu sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak menempatkan wadah pakan dan minum di bawah tempat tangkringan, hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran jatuh pada tempat pakan. Sehingga pakan cepat rusak. Untuk lantai, yang bersemen usahakan drainase air sangat bagus. Sehingga lantai tetap mudah dalam keadaan kering. Hal ini penting, karena jika terlalu becek/ basah dan bercampur kotoran akan mempermudah burung kita terserang penyakit. Penyakit mencret, cacingan, seperti pilek dan sebagainya. Kebersihan kandang menjadi faktor penting dalam hal breeding.

Hal lain yang berkaitan dengan kotak sarang adalah jika kita meletekan kotak sarang di atas jauh dari lantai, hendaknya kita memberikan beberapa tangkringan dekat sarang. Hal ini bertujuan agar ketika anakan sudah mulai belajar keluar sarang untuk pertama kalinya, bisa berpindah dari satu ranting ke ranting lainnya. Supaya tidak jatuh dari tempat ketinggian yang bisa membayakan anakan burung puter tersebut. Jangan sampai anakan kita jatuh dan mati karena loncat dari sarang.

Jangan enggan untuk membersihkan kandang. Pastikan kandang selalu dalam kondisi rapat, agar predator tidak bisa masuk.

Selamat beternak Puter pelung :)
Beternak Puter di Kandang Besar / Dasar Lantai Permanen Berupa Semen atau Tanah Reviewed by Eko Prasetyo on 5:59:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.