Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

Puter Pelung

Burung Puter : Tips dan Panduan Untuk Pemula

Artikel ini semoga sangat berguna bagi mereka yang baru pertama kali memelihara burung puter.


Mungkin ada bertanya hal apa yang harus saya pahami tentang burung ini, dan langkah awal apa yang perlu disiapkan untuk memeliharanya. Terutama untuk peternak awal / beginner . Bagaimana kandangnya ? Apa makanannya ?

Pada awalnya jika anda baru saja membeli burung puter, jika dalam kondisi prima / sehat burung ini relatif mudah dikondisikan kepada pemilik barunya. Karena burung ini relatif jinak, bandel dalam artian tahan penyakit dan dalam sebuah artikel tentang "Ringneck Dove" dapat dikatakan "Dove Stupidity" terhadap pemilik barunya. Dalam hal ini kami mengartikan burung ini cuek, siapapun pengasuhnya / pemiliknya asal dipelihara dengan baik maka akan mudah dia beradaptasi.

Kandang


Yang pertama yang dipikirkan adalah masalah kandang. Untuk sepasang burung puter bisa dimasukan ke dalam sangkar ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Sangat nyaman dan sudah lumayan luas untuk burung bisa mengepakan sayapnya, dan cukup untuk bakal calon anakan ke depannya ketika anak sudah meninggalkan sarang. Wadah pakan dan minum bisa diletakan baik di dalam atau pun di luar kandang tergantung model wadah yang digunakan. Untuk kotak sarang bisa ditaruh aman di pojokan kandang. Dan untuk tempat bertengger/hinggap bisa diberikan di tengah tepat kandang sehingga burung tetap nyaman terutama bagian ekor burung ketika hingga tidak menyentuh dinding belakang kandang. Sehingga bulu ekor tidak rusak. Dan perlu diperhatikan, agar tidak meletakan wadah pakan di bawah tempat bertengger tentunya menghindari kotoran bercampur dengan pakan.

Perihal tentang kandang yang ingin dipakai, apakah kandang buatan sendiri atau beli ? Terbuat dari kawat ram dan besi atau dari kayu ? Meletakan kandang di dalam rumah atau di luar rumah ? Di tempat sepi atau orang sering berlalu lalang ? Kandang sebagian tertutup atau full kawat ram dengan rangka besi ? Itu semua terserah kepada anda, suka yang mana. Mungkin disinilah mengapa orang menganggap burung puter ini tipenya cuek. Tapi yang perlu diingat, di tipe apapun kandang yang anda gunakan jangan lupa selalu mengecek pintu kandang. Jangan sampai lupa menutup sehingga burung kesayangan anda terbang bebas :).

Tempat Bertengger

Tempat yang biasa dipasang di dalam kandang burung / dalam sangkar hal yang baik adalah menghindari penggunaan dari bahan metal /besi dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan bisa saja bahan tersebut menjadi sangat dingin di saat musim dingin, atau terlalu panas di musim panas. Bahan dari kayu sangat disarankan dengan bentuk lingkaran yang mana memungkinkan burung untuk bertengger dan mencekaram kayu tersebut dengan sempurna dan kuat. Kita bisa menggunakan 2 atau lebih sesuai ukuran kandang untuk tangkringan tersebut. Sehingga juga bisa melatih burung  dalam hal kekuatan otot kaki. Juga bisa memisahkan antara burung dominan dengan non dominan dalam kandang.

Wadah Pakan dan Tempat Minum

Wadah pakan dan tempat minum banyak sekali model yang bisa kita beli di toko perlengkapan dan aksesories burung. Namun hal yang penting ketika dalam penggunaan, sebisa mungkin mengganti air setiap pagi agar air tetap segar. Dan begitu pula dengan pakan cek ketersediaannya apalagi saat burung semasa membesarkan anakannya. Selain itu segera bersihkan ketika wadah air sudah kelihatan licin karena jamur.

Air Yang Segar

Dalam hal ini kita mengartikan bahwa perlu dan pentingnya menjaga minuman untuk burung puter kita. Burung puter bisa saja tahan untuk tidak makan beberapa hari, namun saat tidak minum untuk 2 hari atau lebih maka bisa membahayakan kesehatannya. Burung bisa tiba-tiba saja mati apalagi di saat musim panas. Jika perlu kita bisa memberikan air mineral dan menambahkan vitamin untuk menjaga kesehatan burung yang dicampurkan pada air minum,

Penempatan Kandang Di Luar dan Di Dalam Ruangan

Burung yang ditempatkan di kandang dalam ruangan (indoor) yang mana tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung akan membutuhkan mineral dan vitamin tambahan. Karena sinar matahari langsung sangat berguna untuk mengolah vitamin dan mineral pada burung sehingga burung akan lebih tercukupi kebutuhan mineral dan vitaminnya. Hal ini kenapa burung biasa dijemur di pagi hari dan sore hari. Sinar matahari yang masuk ke kandang setelah melewati kaca / gendeng kaca mempunyai kualitas berbeda dengan yang langsung terkena tubuh burung. Hal ini dikarenakan semua sinar yang dibutuhkan dan diperlukan burung untuk mengolah sumber makanan menjadi vitamin dan mineral dipantulkan oleh kaca.


Penyakit Pada Burung Puter

Berbagai penyakit yang menyerang burung merpati bisa juga menyerang pada burung puter anda. Oleh sebab itu mencari beberapa pedoman / rujukan tentang penanganan penyakit pada merpati juga sangat bermanfaat untuk anda yang memelihara dan beternak burung puter. Pengobatan dan penanganan pertama pada penyakit menjadi pengetahuan dasar yang penting agar kita tidak terlambat untuk penangan bila burung kita tiba-tiba menunjukan kondisi kurang sehat.

Burung Puter Perlu Grit Untuk Memperlancar Proses Pencernaan Makanan

Burung Puter bukanlah burung yang "nyisil" atau memisahkan kulit ari luar dengan bijinya. Tidak seperti halnya burung kenari, namun langsung memakan dan menelan biji-bijian tersebut. Oleh karena tersebut diperlukan grit  yang mana akan membantu proses pencernaan burung tersebut. Banyak peternak menggunakan tumbukan bata merah, pasir laut atau pasir gunung untuk alternatif penggunaan grit ini.


Pakan Burung Puter

Pakan burung puter bisa sangat mudah kita dapatkan di toko pakan burung. Baik itu pakan yang sudah campuran (biasa disebut jagung campur) yang biasanya untuk merpati. Ada juga pakan campur yang sudah dikemar dan diberi label yang mana digunakan untuk burung pemakan bijian seperti kenari, derkuku dan perkutut serta sejenisnya adalah sangat baik juga untuk burung puter kita. Namun perlu diperhatikan juga dengan harganya. Namun untuk merawat agar burung benar-benar sehat, mixed seed tersebut sangat bagus karena telah dilakukan reset oleh perusahaan pakan.

Demikian sedikit pegangan untuk mereka yang baru di dunia burung anggungan terutama burung puter. Semoga artikel ini sangat bermanfaat. Jangan lupa baca artikel tentang "sexing burung puter" membedakan jenis kelamin burung untuk tujuan breeding.
Burung Puter : Tips dan Panduan Untuk Pemula Reviewed by Eko Prasetyo on 10:21:00 AM Rating: 5

3 comments:

  1. Pak boleh saya bertanya? Burung puter saya yang bernama Riko sakit pak. Bulu di sayapnya rontok dan dia udah 3 hari ini ga bisa nangkring di tangkringan. Sayapnya ga kuat. Saya mau tanya pak gimana caranya biar burung saya si Riko bisa sehat lagi? Saya ingin liat itu burung sehat lagi seperti dulu.
    Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mbaj Nanda ... bulu rontok banyak mngkin karena proses moulting / ganti bulu, yang penting coba check kondisi kotoran burung apakah masih tampak normal atau beda ?

      jika memang terindikasi ada penyakit, bahkan tidak mau makan, segera bantu dengan cara di spet por / BR pakan ayam dlu. Habis itu kasih vitamin utk burung biasanya yang di toko ada SUper N, jika utk yang alami bisa dikasih tumbukan daun Meniran dan dimakankan.

      Delete
  2. selamat siang pak Eko.. saya mau tanya nii..saya barusan beli burung puter putih tapi seminggu ini kotorannya berair/mencret kondisinya skrg juga lemes n sempoyongan kalau jalan tapi makan n minumnya normal.. untuk pakannya sy kasih voer ijo yg buat burung kicauan karena gk doyan sama milet.. yg sy tanyakan burung puter sy sakit apa ya pak? terus untuk penyembuhannya dkasih obat apa?
    terima kasih.

    ReplyDelete

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.