Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

Puter Pelung

Harga Jual Burung Puter Lokal dan Puter Pelung

Bicara soal harga sebuah burung, apalagi burung klangenan. Bisa tidak ada batasannnya. Banyak faktor, terutama kalau yang empunya sudah bilang ini burung kesayangan. Memang seperti itulah sebagian banyak orang yang mengidap penyakit "klangenan". Karena gemati dan senangnya, burung peliharaannya bisa berumur lebih dari 10 tahunan. Apalagi burung anggungan seperti burung puter, derkuku dan perkutut. Semakin tua, semakin menjadi suara dan mentalnya.

Namun kali ini, kami ingin memberikan gambaran harga jual/beli untuk burung anggungan yang satu ini. Burung Puter baik Lokal maupun Pelung, disini faktor pembanding dalam harga adalah kualitas suaranya. Yang mana untuk harga anakan dipengaruhi oleh faktor kualitas Indukannya. Jangan heran kalau ada anakan burung Puter bisa dihargai sampai 1 jutaan.

List harga burung puter lokal :

1. Harga Puter Lokal anakan - umur 2 bulan : Rp 40.000,-/ekor, Rp 70.000/sepasang
2. Harga Puter Lokal Siapan Dewasa/Indukan : Rp 100.000,-/sepasang.
3. Harga Puter Lokal untuk Babuan / Puter Untuk Foster : Rp 150.000,-/sepasang
4. Harga Puter Lokal Albino / Puter Putih Anakan : Rp 75.000/ekor
5. Harga Puter Lokal Albino / Puter Putih Indukan Rp 200.000/pasang.

Kemahiran indukan puter untuk mengeram telur burung lain / babuan / baby sister atau foster tidak perlu diragukan lagi. Sifat gemati, kasih sayangnya terhadap setiap anak-anakan yang dia besarkan.

Harga Puter Pelung, faktor penentu untuk anakan adalah kualitas indukannya, kalau dewasa adalah anggungannya :
"Membeli sebuah anakan burung Anggungan, yang masih umur 2 bulanan ataupun kurang, yang pada kasus ini adalah anakan burung Puter Pelung. Perlu menjadi catatan bahwa kualitas anakan tidak 100% seperti Indukannya. Karena kita paham perkawinan adalah penggabungan 2 sifat dari pejantan dan betina untuk menghasilkan keturunan yang diharapkan mewarisi kedua indukannya."
Namun  perlu diketahui juga, bahwa perkawinan tersebut bisa melahirkan anak dengan sifat
  1. Perpaduan karakter posifit dari kedua induknya 
  2. Dominan karakter Pejantan pada Anakan
  3. Dominan Karater Betina pada Anakan
  4. Dominan karater (-) dari kedua indukanya
  5. ataupun bisa diluar karakter kedua indukannya.

Saran tepat kami, Pertama : sebelum memutuskan membeli seekor/sepasang anakan burung puter pelung, usahakan mampu mendengar suara anggungan kedua indukannya. Jelas terlihat trahnya/silsilah keturuanan anakan tersebut. Karena banyak pendapat bahwa anakan burung anggungan, tidak jauh dari kualitas Indukan.

Yang kedua, jika anakan sudah mulai belajar manggung /bersuara, pantau dan prediksi bagaiman kelak kualias anggungannya dengan teknik perawatan yang kita lakukan.

Dari segi Harga, untuk anakan puter pelung : a) untuk kelas standart, Rp 450.000,-/pasang lebih
b) Kelas trah juara, anakan berharga Rp 800.000,-/sepasang

Harga Puter pelung : Untuk Ukuran dewasa : Ombyokan, harga di pasar bebas pilih sekitar Rp 200.000/ekor

Kalau sudah disendirikan di kandang mandiri ( 1 sangkar/burung), bisa berharga sekitar Rp 500.000/rbu per burung dengan kualitas melung yang jelas. Baik untuk pejantan ataupun betina.

Untuk kualitas kontes sudah terpantau jelas kualitas anggungannya tanpa perlu melihat silsilah indukannya. bisa di atas Rp 1.000.000,- tentunya umur sekitar 5 bulanan.

Sedikit patokan harga, tidak mengikat cuman bisa sebagai wawasan bagi mereka yang ingin berternak, ataupun mempunyai burung Puter Lokal dan Puter Pelung.
Harga Jual Burung Puter Lokal dan Puter Pelung Reviewed by Eko Prasetyo on 1:10:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.