Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

Puter Pelung

Sepasang Puter Pelung Menjadi Modal Pertama Ternak Mandiri di Rumah

Sebuah ide besar tanpa adanya satu langkah awal kecil, hanya akan menjadi sebuah ide. Berani melangkah, adalah mendekatkan kita dengan realitas kesuksesan akan buah pemikiran kita.

Seperti halnya ketika kita ingin beternak burung puter pelung, setelah banyak membaca dan mencari referensi. Menimbang dan memutuskan .. inilah saatnya membuat ide menjadi kenyataan.


Yaa, mencari breeder terpercaya atau ke pasar burung untuk mencari sepasang burung puter pelung idaman kita. Tentunya sesuai target dan budget kita masing-masing. Langkah pertama, adalah persiapan kandang ternak untuk burung kesayangan kita.

Kandang Ternak Burung Puter Pelung :

Untuk memulai ternak dalam skala kecil, dalam hal ini kita akan menyiapkan 1 kandang ternak ram kawat yang bisa dengan mudah kita temukan di kios pasar burung, dengan harga sekitar Rp 80.000,- . Atau jika Anda mempunyai waktu senggang bisa saja membuat kandang sendiri. Dengan kreatifitas dan melihat beberapa contoh di Internet maka dengan mudah anda bisa membuatnya. Hal yang penting perlu diperhatikan adalah kandang harus rapat, agar predator / pengganggu tidak bisa masuk ke dalam seperti tikus, ular dan kucing. Berikut beberapa contoh kandang ternak :




Buat kandang atau pesan sesuai anggaran dana Anda. Untuk kandang no 1 dan 2 harga beli di pasar sekitar Rp 120.000,- kuat dan tahan lama.

Indukan Sepasang Puter Pelung

Yaa .. setelah kandang siap. Saatnya kita hunting Indukan Puter Pelung yang akan mendiami kandang kita. Ciri umum indukan yang bagus :
  1. Cukup umur, sekitar 7-8 bulan puter dewasa siap produksi
  2. Bulu terlihat halus, mengkilap tertata rapi sehingga bisa menggambarkan kondisi kesehatan burung.
  3. check pada dubur burung, burung sehat dubur kondisi kering tidak ada bercak seperti burung habis mencret.
  4. Pastikan indukan tersebut benar-benar puter pelung, dengan cara dengarkan secara langsung anggungannya.
  5. Kalau bisa burung tersebut ada ringnya / gelang ring di kaki pertanda burung tersebut hasil ternakan.
  6. Pastikan jantan dan betina, minta penjual untuk memilihkan dan memastikannya.
  7. Okee ... dealkan dan siap untuk masuk kandang ternak
Untuk harga indukan kelas standar Puter Pelung sepasang adalah sekitar Rp 450.000, - sampai jutaan. Tergantung kualitas, dan tentunya si penjual mau ngasih brandol harga berapa. Sesuaikan anggaran. Menurut saya, lebih baik yang kualitas standar dulu. Karena kita juga tahap belajar.

Pakan 1 Bulan Pertama Puter Pelung di Kandang Ternak


Sediakan 3 tempat pakan, dan 1 tempat minum. Hal ini lebih baik karena kita bisa memantau jenis makanan apa saja yang disuka oleh burung kita. 1 tempat pakan untuk beras merah, 1 untuk miled putih, 3 Kenari set, serta 1 untuk tempat minum. Kalau minim 1 tempat pakan oplos saja jadi satu ketiga jenis pakan tersebut. 1 Bulan cukup 1 Kg miled, 1/2 kg beras merah, 1/2 Kenari seed.

Sediakan sarang tempat bertelur, baik sarang beli atau pun dari kotak yang kita kasih jerami. Sehingga jika puter yang kita beli sudah jodoh, maka 2-3 hari akan segera bertelur di kandang barunya. Dan tunggu 14 hari telur setelah dienggrami itu menetas.

Happy Breeding Pecinta Puter Pelung di Indonesia.
Sepasang Puter Pelung Menjadi Modal Pertama Ternak Mandiri di Rumah Reviewed by Eko Prasetyo on 7:12:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.