Terbaru

Puter Pelung

Puter Pelung Harga Murah .. Kenapa ??

Ilustrasi : Burung Puter Pelung dengan harga murah ditawarkan di salah satu marketplace.
Sebagai seorang yang baru dalam dunia burung puter (brenggolo) dan puter pelung, tentunya suka dengan penawaran yang diberikan para peternak atau tengkulak / pedagang burung dengan harga yang relatif "murah". Yaa harga burung puter pelung murah, dengan ring atau pun tanpa ring. Terlihat burungnya besar, bodi gagah dan menawan. Harga di bawah Rp 200.000/ekor siapa yang tidak kepincut / tertarik ingin membelinya ?

Tidak mudah untuk menghasilkan burung puter pelung dengan suara yang bagus sesuai dengan pakem yang diharapkan untuk kelas lomba. Apalagi kita paham. perjodohan burung puter pelung adalah menyatukan 2 indukan yang memiliki sifat dan kharakter dasar suara yang berbeda. Kalau saja untuk kelas klangenan atau sekedar pengisi kandang, wajar saja banyak sekali breeder yang sekedar menyilangkan burung puter dengan puter lain, atau dengar jenis burung lain yang masih sekerabat dengan tujuan asal jodoh dan beranak tanpa ada tujuan jangka panjang yang jelas.

Hal inilah kadang yang membuat mereka pula tidak berfikir panjang dengan melepas burung puter lokal ataupun jenis pelung dengan harga asal laku. Kualitas dikesampingkan, sedangkan kuantitas didahulukan. Asal berkembang biak, asal banyak dan akhirnya ketika jumlah tidak diikuti kualitas maka nilai sebuah burung yang tidak begitu berharga.

Kami tidak menghakimi, namun hal ini hanyalah sebuah pengingat bagi kami. Bahwa breeding itu sebuah teknik yang menarik, susah susah gampang, butuh waktu lama untuk menghasilkan varietas baru dengan kualifikasi yang diharapkan untuk menciptakan burung puter yang unggul, dari segi suara bahkan warna tak lain pula dengan tujuan meningkatkan nilai dari sebuah burung tersebut. Begitu mulianya sebuah harapan, dari burung yang saat ini dipandang sebelah mata, namun ke depannya bisa mempunyai nilai yang tinggi seperti halnya burung kerabatnya, perkutut dan derkuku yang bisa mencapai harga puluhan juta rupiah (jika dinominalkan) dan nilai seni yang tinggi.

Jika puter hanya dianggap sebelah mata, burung babuan (pengasuh anakan) dari burung yang dianggap mempunyai nilai yang lebih, maka jika bisa berkata "ini tidak adil". Pemberian makanan yang ala kadarnya, asal diberi makan, asal hidup tanpa memperhatikan nilai kandungan gizi. Maka wajar puter saat ini hanyalah pendamping dan pelengkap kandang.

Dari berbagai ungkapan di atas, wajar saja jika masyarakat umum akan kaget jika mendengar harga puter bernilai satu juta ke atas, karena mereka biasa melihat harganya sekitar Rp 60.000/pasang. Sudah dewasa, dan siap untuk produksi. Begitu pula untuk puter jenis pelung, karena naik satu tingkat dipercaya sebagai babuan yang lebih bagus dari puter lokal harganya bisa kita dapatkan Rp 200.000/pasang tanpa melihat kwalitas.

Mengejar kuantitas/Jumlah dengan mengawinkan puter pelung dengan puter lokal ? Wajar saja, Anda mendapatkan harga puter pelung dengan harga di bawah Rp 200.000/ekor bahkan bisa saja sepasang.

Bagi kami, kualitaslah yang akan menentukan harga. Standar pelung, tetaplah suara mengalun lebih panjang jika dibanding dengan puter lokal. Sedangkan tipe suara, ada banyak yang akan menjadi suara dasar seekor burung puter pelung tersebut. Dari suara dasar inilah yang akan kita olah, kita jodohkan dengan tipe yang lain atau sejenis untuk menghasilkan anakan yang tentunya mempunyai kualitas lebih baik dari indukannya.

Masih tergiur dengan burung puter pelung dengan harga murah ? tanyakan kwalitasnya ? Lihatlah hasil anakannya ke depannya ? Jika ternyata puter pelung murah bisa menghasilkan anakan yang bagus setara dengan burung seharga 2 juta maka sebuah rejeki anda pada Anda.

Selanjutnya pilihan terserah Anda, yang pasti tentunya kita juga ingin memberikan dan mendapatkan burung puter pelung dengan harga murah dan kualitas terbaik :)
Puter Pelung Harga Murah .. Kenapa ?? Reviewed by Eko Prasetyo on 11:06:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.