Terbaru

Puter Pelung

Kandang Umbaran, Kunci Awal Memilih Bakalan Burung Yang Berkualitas

Sebagai pecinta burung, pasti kita tahu apa itu kandang umbaran ! Yaa kandang yang ukurannya besar, yang disesuaikan dengan jenis dan ukuran burungnya. Hal ini tentu saja dipakai untuk tujuan tertentu. Dan tak ketinggalan juga untuk pecinta burung anggungan, baik untuk perkutut, derkuku dan burung puter.

Lihat di bawah ini beberapa contoh gambar kandang umbaran / sangkar besar yang bisa dibuat oleh pecinta kwak di seluruh nusantara.




dan masih banyak lagi contoh yang bisa kita cari di internet.

Dengan ukuran yang lebih besar, pastinya akan menambah leluasa burung untuk terbang kesana kemari, membuat burung semakin lincah, gesit, dan sehat. Secara detail bisa kita sampaikan beberapa manfaat dan tujuan mengapa kita menggunakan kandang umbaran.

ujuan Mengumbar

Burung dimasukkan dalam sangkar umbaran dengan tujuan agar burung menjadi lebih sehat karena bisa terbang kesana kemari dengan leluasa karena berada dalam sangkar yang besar, dengan terbang dalam jarak yang agak jauh tentu saja sistem pernafasan burung menjadi lebih terbuka dan kuat. Sayap yang dikepakkan dengan kuat akan memperkuat otot-otot tubuhnya. 

Manfaat Mengumbar

Manfaat yang bisa diraih dari mengumbar burung adalah mendapatkan burung yang sehat dan rajin berkicau, burung menjadi lebih singset dan langsing karena lemak di dalam tubuhnya akan terkuras dengan sering dan giat berolahraga.
Kandang Umbaran juga punya manfaat untuk terapi agar burung merasa lebih bebas dan tidak jenuh dalam sangkar harian.

Cara Menggunakan Kandang Umbara Harian
  • Kandang diletakkan ditempat terbuka agar terterpa sinar matahari, baiknya dilakukan di pagi hari setelah burung dimandikan.
  • Burung yang dimasukkan tentunya adalah burung  yang telah jinak, sehingga akan lebih mudah dalam memasukkan dan mengambil kembali.
  • Burung dilepaskan dengan cara membuka pintu sangkar harian yang dihadapkan dengan kandang umbaran yang terbuka juga, usir burung dari sangkar harian atau pancing dengan makanan agar burung mau masuk kandang umbaran.
  • Di dalam sangkar umbaran berikan air minum dan bak air buat mandi, selain itu berikan juga bak berisi pasir agar burung bisa bermain dengan pasir tersebut yang disebut dengan mandi pasir.
  • Selama di umbar burung tidak usah diberi makanan, tapi harus terus di tungguin karena mengumbar hanya butuh waktu 2-3 jam.
  • Berikan tempat tenggeran pada masing-masing sudut agar burung bisa terbang ke kanan dan ke kiri. 
  • Pada awal di tenggar sangat mungkin burung bingung dan tak mau terbang, beberapa kenari mania juga menerapkan terapi usir agar burung mau terbang, yaitu dengan memukul kendang dari satu bagian dan pindah ke bagian lain secara bergantian.
  • Lamanya pengumbaran tergantung kebiasaan, untuk burung Murai Batu ada juga kicau mania yang mengumbar seharian selama 5 hari dari hari senin s.d. kamis tapi di malam hari burung tetap dimasukkan di sangkar harian dan pada hari sabtu dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Untuk cara ini tentu saja dalam kandang umbaran juga harus disediakan makanan yang cukup agar burung tetap fit untuk terbang dan berkicau.
  • Setelah waktu pengumbaran selesai, siapkan sangkar harian yang telah diberi EF cukup, buka pintu kedua sangkar dan buat saling berhadapan, pancing burung dengan jangkrik agar mau pindah ke sangkar harian, bila tidak mau pindah usir burung dengan memukul sangkar menggunakan kain, setelah burung masuk ke dalam sangkar harian barulah pintu di tutup dan burung siap untuk disimpan, namun jangan buru-buru dikerodong, biarkan burung angin-anginkan sekitar 30 menit.
Penggunaan Kandang Umbaran Untuk Memilih Burung Bakalan Yang Berkualitas

  1. Pada kasus ini bisa digunakan untuk semua jenis burung ternakan kita, baik derkuku, perkutut dan puter.
  2. Setelah piyikan / anakan sudah lepas loloh dan berumur kira-kira 1,5 bulan. Pisahkan dengan indukan. Karena di umur tersebut, anakan sudah bisa makan sendiri dan belajar terbang.
  3. Masukan ke dalam kandang umbaran, sediakan pakan harian, minum dan jika perlu campurkan vitamin secukupnya. Berikan juga mineral dan kalsium yang cukup untuk membantu pertumbuhan sempurna anakan. Secara postur bisa maksimal.
  4. Berikan carang / kayu buat burung bertengger di dalam sangkar umbaran.
  5. Pantau secara rutin anakan di dalam umbaran, dan lihat bakat-bakat yang mereka tunjukan. Ketika burung sudah berumur 4 bulanan, pilih burung yang menurut anda mempunyai bakat lebih untuk secara dimasukan ke kandang/sangkar kecil. 
  6. Pilihan berdasarkan postur tubuh, mental dan suara anggungan yang dikeluarkan burung tersebut.
  7. Selanjutnya tinggal perawatan harian rutin, agar burung makin gacor dan kualitas suaranya semakin bagus.
Seperti yang digambarkan di atas, burung yang dikeluarkan dari sangkar umbaran adalah burung pilihan dari beberapa anakan yang kita punya. Filtering disini sangat bermanfaat untuk melihat bakat-bakat yang muncul pada burung kita. Selain burung akan kelihatan sehat, pertumbuhan maksimal pada tulang, sayap dan kekuatan untuk mencekeram.

Kandang Umbaran, Kunci Awal Memilih Bakalan Burung Yang Berkualitas Reviewed by Eko Prasetyo on 11:00:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.