Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

Puter Pelung

10 Cara Memilih, Membeli dan Merawat Bakalan Puter Pelung

Anakan Puter Pelung
Akhir-akhir ini banyak sekali yang meresa kecewa ketika membeli piyikan puter pelung yang berusia 1-2 bulan, ketika dipelihara 3 bulan ternyata suaranya jauh dari harapan. Hal seperti ini yang sudah kita bentengi untuk pemula sejak awal. Beli berdasarkan kualitasnya  ! Bukan karena murahnya !

Kecewa pada kualitas, ketika dewasa karena bunyinya tidak melung atau nyaris sama dengan puter lokal, hanya saja beda di harga dan burung ini pakai ring (penanda). Tidak dipungkiri kita semua ingin dapat burung yang kualitas bagus tapi harga tetap murah. Nah karena tersebut kami akan memberikan tips sebelum membeli !

1. Untuk membeli anakan, usahakan pantau atau dengar suara indukannya, baik jantan ataupun betina. Kesampingkan trahnya, kecuali memang sudah terbukti darah trah tersebut kental menurut ke anak dan cucunya.

2. Tanyakan kepada Peternak tersebut, bagaimana kualitas anakan sebelumnya, apakah sudah terpantau dengan kualitas seperti yang diharapkan. Atau memang tidak pernah terpantau, alias netas sebulan langsung dijual terus ?

3. Kakak-kakaknya punya kualitas, berarti daya turun dan cetak indukan bagus, maka tidak perlu ragu kita membeli saudara / adiknya.

4. Minta burung kasih penanda ring, hal ini penting sebagai garansi kita bahwa benar burung ini berasal dari peternak tersebut. Jika ada masalah ke depannya kita bisa komplain.

5. Burung puter pelung umur 4-5 bulan, akan mulai membuka suara anggungannya, saat angkatan pertama biasanya bunyinya lebih panjang daripada anggungan seterusnya. Yaa karena burung masih muda dan belum stabil.

6. Jika tidak ada tanda-tanda dalam peningkatan kualitas dalam umur 5-6 bulan, yaa memang seperti itu kualitasnya. Tidak perlu dan tidak usah terlalu berharap lebih panjang, kalau pun panjang paling nambah satu strip. Tidak mungkin 2x nya.

7. Maksimalkan pertumbuhan dengan pakan berkualitas, Miled, Beras merah, Ketan hitam, gabah lampung dan BR ayam pertumbuhan agar maksimal. Jaga kebersihan kandang dan air minum yang diganti rutin.

8. Sampaikan ke penjual / peternak, apakah setelah umur 5-7 bulan, memang seperti ini kualitas piyikan mereka ?

9. Minta garansi claim, jika yang dijual tidak sesuai dengan apa yang dikatakan di awal perjanjian jual beli.

10. Peternak berkualitas, materi berkualitas, akan menghasilkan anakan yang berkualitas. Tentunya mereka juga akan menjaga kualitas dan kredibilitas peternakan mereka. Tidak asal laku, tidak asal melung. Dan tidak asal beli. Beli kualitas dan bukan Trah :)

Tetap semangat dalam berburu materi murah dan berkualitas !!
10 Cara Memilih, Membeli dan Merawat Bakalan Puter Pelung Reviewed by Eko Prasetyo on 2:00:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.