Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

Puter Pelung

Cara Pemasangan Gelang Ring Pada Burung : Contoh Dengan Gambar

Pemasangan Gelang Ring / Cara Pemasangan Ring Pada Anakan Burung

Pada kesempatan kali ini, Dian Birdfarm mencoba memberikan contoh bagaimana pemasangan gelang ring pada anakan burung yang kita tangkar. Pemberian ring pada burung sangat bermanfaat bagi peternak untuk identifikasi burung tersebut. Penandaan dengan sistem ring sangat cocok dan mudah, hanya saja kita perlu memperhatikan beberapa hal, agar tidak terjadi resiko yang mengakibatkan anakan mengalami perkembangan tidak maksimal atau cacat.

Sebelumnya kita juga harus tahu ukuran standart gelang ring untuk burung kita, hal ini supaya gelang tidak terlalu kekecilan atau kebesaran/ terlalu longgar. Banyak kasus yang dialami peternak, bila mana memasangkan gelang ring terlalu kecil pada anakan. Resiko yang didapat adalah kaki burung mengalami luka, karena kecilnya gelang. Sehingga jika burung beranjak dewasa, dan ukuran pergelangan kaki mencapai ukuran maksimal ring, akan mempengaruhi peredaran darah dan otot di jari-jari burung. Jika terlambat mengetahuinya, biasanya kaki akan bengkak, bisa saja tiba2 putus karena tulang kaki di bagian bawah ring tidak berkembang dan mati.

Namun jika ring yang diberikan terlalu besar, resikonya adalah gelang kaki / ring akan mudah lepas. Dan ketika dewasa, maka setelah lepas sulit untuk dipasang ring kembali. Bisa juga diganti ring dengan model klip.

Cara Pasang Ring pada burung adalah sebagai berikut :

  1. Pertama : Siapkan gelang/ring sesuai ukuran untuk burung yang kita ternak
  2. Ambil anakan yang hendak dipasang ring, dekap dengan lembut biar burung terasa nyaman dan tidak berontak ketika kita pasang ring.
  3. Pilih salah satu kaki, baik itu kanan atau kiri, Dan lihatlah jari-jari kaki burung tersebut. Ada 4, 3 depan, dan 1 belakang.
  4. Ambil 3 jari kaki depan, dan rapatkan jadi 1. masukan gelang ring ke jari tersebut, dorong masuk ke arah jari ke 4 yang mana ditaruh ke belakang. Lihat gambar no 3 dan 4.
  5. Dorong penuh ke atas, hingga melewati jari ke 4 yang tadi dilipat ke atas, Seperti gambar no 5
  6. Ring sudah masuk dan cek kelonggarannya.

Simple dan mudah kan ! Selamat breeding

Cara Pemasangan Gelang Ring Pada Burung : Contoh Dengan Gambar Reviewed by Eko Prasetyo on 9:45:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Ternak Puter Pelung di Solo : Puter Pelung Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.